Teori dan Dasar Air to Air Gunnery part 2

sebelumnya, gue membahas mengenai Kaliber senjata. maka dalam artikel ini gue akan membahas secara singkat tentang istilah yang umum dalam teori Air to Air Gunnery

 

Rate of Fire

Juga dikenal sebagai Cyclic Rate. Ini adalah jumlah proyektil yang dimuntahkan dari satu senjata dalam waktu tertentu, biasanya proyektil per menit / round sper minute (rpm).

 

table1 table2 table3 table4

 

Muzzle Velocity

Kecepatan proyektil saat meninggalkan laras. Biasanya dalam feet per second (fps) atau meter per second (mps). Setelah meninggalkan laras, proyektil akan melambat sesuai fungsi karakteristik unik balistiknya.

 

Time of Flight (TOF)

Waktu yang diperlukan proyektil setelah meninggalkan laras untuk mencapai target. biasanya diukur

dalam hitungan detik.

 

dispersion

Penembak akan menembakkan senapannya beberapa kali untuk membentuk sebuah “grup perkenaan”, semakin kecil grup yang terbentuk, semakin akurat si penembak dalam menembak

Target. kemudian akan dihitung perkenaan proyektil dan mengukur pola perkenaan / pattern dari titik pusat sasaran. Biasanya, perhitungan ini akan dinyatakan sebagai persentase dari peluru yang ditembakkan dalam area tertentu, biasanya lingkaran dengan titik di tengahnya, dan disebut Gun Dispersion. Tipikal hasil Gun Dispersion adalah sekitar 80% dari peluru yang grouping perkenaannya dalam lingkaran berdiameter lima kaki pada kisaran jarak 1.000 meter.

 

gun dispersion

 

Weight of Fire

Sebuah konsep yang digunakan untuk menggambarkan Power Punch. Secara harfiah dinyatakan sebagai ‘x’ jumlah berat dalam periode waktu tertentu. Contoh, sebuah Spitfire Mk I dengan 8 pucuk Senapan Mesin kaliber 0.303. Meskipun memiliki kaliber kecil, mereka memiliki rate of fire yang relatif tinggi, dan ketika semua senjata ditembakkan sekaligus, jumlah proyektil yang dimuntahkan cukup besar

 

angle off

Hal ini mengacu pada arah relatif pesawat tempur dan target. Angle off hanyalah perbedaan arah dua pesawat. Jika mereka mengarah ke arah yang sama, nilai Angle off adalah nol, jika head-on dengan sasaran, maka nilai Angle off adalah 180 derajat. Angle off adalah pengukuran dalam arah / heading

 

angle off 

 

sudut aspek / Aspect Angle

Istilah ini adalah pengukuran posisi, dimana Arah relatif penyerang terhadap target

tidak relevan. Sudut Aspek mengacu pada arah penyerang dan diukur dengan menggunakan target sebagai referensi. Pengukuran Dimulai dari arah “six o’clock”. Dimana posisi aspek adalah nol, Posisi arah jam 12 dari target, Posisi Aspek adalah 180 derajat. Dari posisi arah jam 06:00 ke 00:00, sudut aspek disebut ‘kanan’ atau ‘kiri’. Hal ini mengacu pada pada sisi mana target Anda muncul. Sebagai contoh, jika anda melihat target dari arah jam 3nya target, maka posisi aspeknya adalah 90 derajat ke kanan, jika melihat target dari arah jam setengah 8nya target, maka posisi aspeknya adalah 45 derajat ke kiri.

 

aspect angle

 

Target Apparent Size

Kita semua mengakui pentingnya ukuran target. Target berukuran besar lebih mudah untuk digasak dibanding yang kecil. Target Apparent Size mengacu pada target tunggal dan bagaimana tampaknya dari berbagai sudut. Jika kita menembak target dari arah jam 6 target alias persis di belakangnya, kalian memiliki target yang berukuran jauh lebih kecil dibanding jika kalian menembak target langsung dari atas. Planform adalah istilah yang mengacu pada Target Apparent Size. Nilai Planform terbesar adalah ketika melihat target ke bawah dari atas (attack from above). Semakin besar target, semakin besar kans perkenaan tembakan kepada sasaran.

 

Demikianlah pembahasan bagian 2 tentang Teori dan Dasar Air to Air Gunnery

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s