[Forgotten Soviet Airplane] Pesawat Pembom cepat Bolkhovitinov S

Bolkhovitinov S-2 M-103
Bolkhovitinov S-2 M-103
Viktor Bolkhovitinov
Viktor Bolkhovitinov

Bolkhovitinov S “Spark”

Bolkhovitinov S adalah Prototype Pesawat Pembom Ringan berkecepatan Tinggi (High Speed Light Bomber) rancangan dari Viktor Fyodorovich Bolkhovitinov dari Bolkhovitinov OKB / OKB-293. S sendiri dirancang sebagai pembom ringan berkecepatan tinggi, menggunakan mesin tandem berupa 2 unit Klimov M-103 berkekuatan 960 hp, menggerakan contra-rotating propeller. pilihan tandem engine dipilih untuk memperkecil air drag pada pesawat.

 

Bolkhovitinov S-1
Bolkhovitinov S-1

 

pengembangan S dimulai pada 1936, dari prototype pertama S-1. untuk mendesain pesawat pembom ringan berkecepatan tinggi, menggunakan bahan seluruhnya dari metal, menggunakan mesin tandem, kanopi tertutup yang panjang ditambah turret senapan mesin ShKAS di backseat, dan mampu membawa muatan bom seberat 400 kg. salah satu teknologi revolusioner pada pesawat ini adalah tipe pemasangan panel-panel fuselage 4-sisi, dari samping kiri-kanan, atas dan bawah, membuat fuselage menjadi kuat tapi mudah dalam pembuatannya. dimana konsep ini akan diturunkan kepada Jet Bomber Ilyushin Il-28 Beagle.

Bolkhotivinov S ini tergolong unik di masanya, memegang rekor sebagai pesawat dengan wing loading tertinggi pada saat itu (247 kg / m2 ), membuat handling pesawat ini terutama saat take-off dan landing sangat sulit, sehingga dibuat sistem penggerak elektrik untuk elevator belakang pesawat ini (asal-usul dari Fly-By-Wire, Petlyakov Pe-2 akan menjadi pesawat pertama yang kontrolnya dibantu oleh perangkat elektronik, FBW sederhana). selain itu dua mesin tandem Klimov M-103 sering tidak sinkron pada shaft penggeraknya sehingga jumlah rpm gabungan antara kedua mesin di propeller hub tidak bisa maksimal.

Bolkhovitinov S melakukan penerbangan perdananya pada 29 Januari 1940, dengan Test Pilot B.N Kuldrin sebagai tester (S-1), karena sistem mesin tandem masih belum reliabel pada tahun itu, maka S-1 terbang hanya menggunakan 1 mesin Klimov M-103, landing gear berupa skid dan tidak bersenjata. Take-off dan Landing terbukti sulit, kecepatan ideal tidak tercapai karena kurangnya power 1 mesin saja. Prototype S-2 (versi definitif dari Proyek S) terbang perdana pada 20 Maret 1940. Kecepatan yang dapat dicapai S-2 mencapai 570 km/h, dibawah ekspektasi. jarak jangkau operasional S-2 sendiri diperkirakan mencapai 700km.

setelah Flight Test, diputuskan S-2 akan dikembangkan lebih lanjut dan diperbaiki performanya, tapi Operasi Barbarossa membuyarkan semuanya.

 

Bolkhovitinov S-2 M-103
Bolkhovitinov S-2 M-103
S-2 Design Draw
S-2 Design Draw

 

 

sumber : wikipedia, commie.narod.ru

 

@comissarfoxtrot

26 Agustus 2014

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s