Pembom Berat Bolkhovitinov DB-A, Kompetitor Pe-8 yang terlupakan

Bolkhovitinov DB-A
Bolkhovitinov DB-A

 

Bolkhovitinov DB-A
Bolkhovitinov DB-A

Bolkhovitinov DB-A adalah Pesawat pembom berat buatan Uni Soviet pada era-1930an, berkiprah sebagai Kompetitor dari pembom bert TB-7 rancangan Tupolev dan Petlkyakov, yang nantinya akan menjadi Petlyakov Pe-8. DB-A sendiri dikenal sebagai hasil karya pertama Bolkhovitinov sebagai Desainer pesawat terbang.

 

dimulai pada tahun 1934, dimana Kepala Akademi AU Soviet pada saat itu berinisiatif merancang pesawat pembom yang berkemampuan lebih baik dibanding TB-3 yang sedang dalam produksi dan operasional pada saat itu. 20 orang insinyur dan dosen dari Akademi dipanggil untuk mengerjakan proyek, salah satunya adalah Viktor Bolkhovitinov yang ditunjuk sebagai ketua tim desain bomber baru ini, dibantu oleh M.Shishmarev sebagai bagian kalkulasi kekuatan airframe dan desain serta Y.M Kuritskes sebagai bagian kalkulasi aerodinamika.

 

Desain pesawat DB-A adalah pesawat berbahan all-metal, dengan sayap sebagai one-piece / satu kesatuan untuk menghemat bobot, bentuk frame pada fuselage berupa jaring, memiliki bomb bay berukuran 6×2 meter, yang proses buka-tutup hatch nya masing-masing dikendalikan 2 perangkat hidraulik. senjata pertahanan diri berupa 6 senapan mesin 7.62mm  ShKAS dan 1 kanon ShVAK di hidung, walau pada awalnya diusulkan 4 senapan mesin ShKAS dan 1 senapan mesin 12.7mm UB. dan ditenagai oleh 4 mesin V-12 Mikulin AM-34RNV, dimana sebelumnya yang dipasang adalah AM-34RN dan AM-34RNB dan AM-34FRN.

 

Bolkhovitinov DB-A
Bolkhovitinov DB-A

 

 

DB-A pertama kali terbang pada Maret 1935, dengan pilot N.G Kastanaev dan Y.N Moses di kokpit. setelah dilakukan test flight, muncullah data-data performa dari DB-A ini. dengan berat total pesawat 19.500 kg, DB-A sanggup terbang dengan 2 mesin saja pada ketinggian 2500 meter. dengan 3 mesin menyala, DB-A sanggup mencapai ketinggian 5.100 meter. DB-A lebih cepat 50 km/h dari TB-3. setelah mesin diganti dengan AM-34RNV, performa DB-A semakin membaik dan lulus tes uji kelayakan.

 

10 november 1936, dengan test pilot M.A Nyuhtikov dan M.A Lipkin, DB-A melakukan uji terbang membawa muatan 10 ton ke ketinggian 7032 meter, yang dicatat sebagai rekor penerbangan tertinggi dengan muatan 10 ton pada saat itu, dan pada 20 November 1936, membawa muatan 13 ton ke ketinggian 4535 meter, yang juga dicatat sebagai rekor penerbangan. pada 14 Mei 1937, Test Pilot G.F Bajdukov dan N.G Kastanaev dengan Navigator L.L Kerber melakukan penerbangan Moskow-Meliopol-Moskow bolak-balik sejauh 2002.6 km, sambil membawa muatan 5 ton, dalam waktu 7 jam, 2 menit dan 11.7 detik. mencatatkan rekor penerbangan kecepatan tinggi 280 km/h dan 246 km/h pada jarak 1000 dan 2000 km sambil membawa muatan 5 ton.

 

dengan semua kesuksesan tes ini, maka DB-A melakukan tes penerbangan trans kutub utara ke amerika serikat pada 12 Agustus 1937. dengan susunan kru DB-A yang sekarang memiliki nomor seri (N-209) berupa  S.A Levanevsky – Pilot, N.G Kastanaev – co-pilot, V. I Levchenko – navigator, G.T Pobezhimov dan N.N Godovikov – mekanik, N.Y. Galkovsky – radio operator. Penerbangan trans-kutub utara dimulai pada 12 Agustus 1937 dari Moskow dalam kondisi cuaca buruk. 13 jam 40 menit kemudian pada tanggal 13 agustus, DB-A telah melewati kutub utara, dimana 1 jam kemudian, muncul transmisi terakhir pesawat itu, mengabarkan salah satu mesinnya telah mati. pesawat itu menghilang, dan bangkainya tak pernah ditemukan, walau sudah dilakukan pencarian selama setahun.

 

walaupun begitu, pengerjaan terhadap prototype DB-A lainnya terus berlanjut, pada prototype kedua DB-A, dilengkapi 4 mesin Mikulin AM-34FRN dengan Supercharger, melakukan tes uji kelayakan dari negara, dan lulus dengan pesanan 16 pembom ini untuk Soviet Air Force. tetapi pada 1939 produksi dihentikan setelah 12 pembom ini selesai dikerjakan. pada 1940, proyek DB-A secara resmi dibubarkan setelah Tupolev TB-7 yang mampu terbang lebih tinggi, dipilih.

 

berbasis DBA, OKB-293 Bolkhovitinov Design Bureau merancang proyek ambisius DBB, pembom berat bermesin 4 Mikulin AM-34FRN dengan panjang sayap 36 meter, panjang badan 26 meter, berbobot total 20.000-27.000 kg, berkecepatan 350 km/h pada ketinggian dari tanah, 400 km/h pada ketinggian 4000 meter, dan 460 km/h pada ketinggian 8000 meter, mampu mencapai ketinggian 11.000 meter. bomber ini tidak pernah dibuat, setelah TB-7 masuk operasional.

 

Bolkhovitinov DB-A
Bolkhovitinov DB-A

 

Viktor Bolkhovitinov
Viktor Bolkhovitinov

 

@comissarfoxtrot

27 Agustus 2014

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s