“Project Fantasia” Jepang : Kurowashi S-31 Black Eagle

Kurowashi S-31 Black Eagle
Kurowashi S-31 Black Eagle

Kurowashi S-31 adalah suatu konsep desain pesawat pembom bermesin empat buatan jepang pada Era Perang Dunia II. Kurowashi S-31 sendiri pertama kali muncul dalam Rubrik “Project Fantasia” pada majalah mingguan jepang “Sora”, dimana intelejen sekutu menganggap S-31 adalah proyek serius dari Jepang, dan sempat memasukkan S-31 dalam pemantauan Intelejen sekutu. sebelumnya sejak April 1941 Majalah “Sora” menerbitkan beragam “Project Fantasia” penerbangan Jepang, dan sempat menarik pemantauan sekutu. akan tetapi selama perang berlangsung tidak ada dari semua desain dari majalah yang terlihat di medan pertempuran. hingga pada pertengahan 1944, sekutu menemukan suatu desain dari rubrik “Project Fantasia” dari majalah “Sora” yang dinilai memang fantastis, yaitu pembom berat Kurowashi S-31.

Kurowashi S-31 sendiri digolongkan sebagai pembom berat bermesin empat, dengan keempat mesin ditanam di dalam fuselage. menggunakan konsep pusher-puller sekaligus, S-31 memiliki 2 mesin tandem di bagian depan, dan dibagian belakang, masing-masing menggerakkan contra-rotating propeller di depan dan belakang fuselage. konsep yang sama dengan Interceptor Dornier Do-335 Pfeil dari jerman. Mesin penggerak direncanakan adalah 4 unit mesin Liquid-cooled 24 silinder X-Engine berkekuatan 2400 hp, yaitu 2 blok mesin V-engine yang disusun atas-bawah / “Mirror”, yang dimana silinder-silinder dari keempat engine bank akan menggerakkan satu crankshaft, sehingga jika dilihat dari depan, bentuk mesinnya akan berbentuk seperti “X” bukan “V” seperti mesin inline liquid-cooled pada umumnya. Mesinnya sendiri akan berupa pengembangan lanjut dari Yokosuka YE3, mesin X-engine 24 silinder yang dikembangkan pada 1940 untuk IJN. karena pengembangan dan desainnya yang rumit, YE3 baru selesai pada 1943 sebagai YE3B, yang ketika dites mampu mencapai power output 3200 hp. akan tetapi YE3B tidak masuk dinas operasional karena dinilai terlalu rumit dan dipelihara dan bobotnya terlalu berat.

wingspan S-31 diperkirakan mencapai 33 meter, dengan panjang Fuselage 21 meter, dan memiliki tinggi 6 meter. dimensi yang mirip-mirip dengan Boeing B-17 Flying Fortress. dan menggunakan desain ekor vertical stabilizer dipasang diujung masing2 dari horizontal stabilizer. seperti pada Petlyakov Pe-2 dan Tupolev Tu-2. dalam segi persenjataan sendiri, Kurowashi S-31 dilengkapi senjata pertahanan diri berupa delapan senapan mesin kaliber 7.7mm dan empat kanon 23mm. alasan mengapa kaliber 23mm dipilih oleh desainer Kurowashi S-31 tidak pernah diketahui sampai saat ini. penempatan senjata pertahanan diri yaitu ditempatkan dalam turret yang dipasang di bagian depan dan belakang pangkal sayap, masing2 turret dilengkapi 2 kanon 23mm dan 4 senapan mesin 7.7mm. dimana pengendalian turret dikontrol oleh 2 observer / gunner di bagian belakang bomb bay pesawat. pemilihan pemasangan turret di sayap adalah karena bagian ekor pesawat sudah terlalu tipis untuk dipasangi turret. bomb load yang bisa dibawa S-31 sendiri diperkirakan mencapai 7.2 ton, 2 ton dibawah Boeing B-29 supertfortress.

S-31 sendiri menggunakan konsep tricycle landing gear, akan tetapi menghindari benturan baling-baling belakang dengan landasan sewaktu take-off dan landing, maka tailwheel berukuran besar dan memiliki dimensi gear panjang yang bisa dilipat ditempatkan di bagian belakang fuselage S-31. pada akhirnya, selama 1944-1945, intelejen sekutu mengetahui keberadaan S-31 ini dan sempat menaruh perhatian. akan tetapi sejak awal 1945, semua pesawat2 dari rubrik “project fantasia” majalah “Sora” tidak lagi digunakan sekutu sebagai refrensi. Kurowashi S-31 tetap menjadi Project Fantasia jepang.

Kurowashi S-31
Kurowashi S-31

sumber dari : Japanese Secret Projects : Experimental Aircraft 1939-1945

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s