Pesawat Soviet yang terlupakan bagian 1 : Bisnovat SK-1 dan SK-2

model Bisnovat SK-1
model Bisnovat SK-1
Bisnovat SK-1
Bisnovat SK-1
Bisnovat SK-2
Bisnovat SK-2
Bisnovat SK-2
Bisnovat SK-2

Selama periode 1930an, negara-negara produsen dan pencipta pesawat terbang, melakukan berbagai eksperimen, untuk mencaritahu desain dan metode dalam meningkatkan kecepatan pesawat terbang dengan beragam cara. banyak pesawat-pesawat eksperimen yang berdesain streamlined dibangun, khusus untuk mempelajari beragam desain sayap dalam mencari desain yang paling pas untuk mencapai kecepatan yang tinggi.

Bisnovat SK adalah proyek pesawat berkecepatan tinggi di Uni Soviet pada era 1930-1940 yang diprakarsai oleh Matus Ruvimovic Bisnovat. SK yang merupakan singkatan dari Skoristnii Kryilo yang artinya “High-Speed Wing” didesain khusus untuk mencapai kecepatan yang tinggi. Bisnovat SK secara khusus didesain untuk menguji beragam desain sayap pesawat untuk memperoleh kecepatan setinggi mungkin, sekaligus menguji beragam parameter dinamis pesawat yang ada ketika sebuah pesawat mengudara.

Bisnovat SK-1 merupakan contoh pendekatan yang tidak biasa dalam eksperimen pesawat berkecepatan tinggi. ukuran sayapnya lebih kecil jika dibandingkan pesawat eksperimental sejenis yang lain. kanopinya tertanam langsung ke dalam badan pesawat, untuk mengecilkan drag sekecil-kecilnya. pilot akan menaikkan kursi dan bagian kaca atas kanopi yang akan membentuk open cockpit dengan kanopi atas bertindak sebagai windshield ketika take-off dan landing menggunakan sistem hydraulic untuk mendapat pandangan yang baik untuk take-off dan landing. ditenagai oleh satu unit mesin piston V-12 Klimov M-105 dengan variable-pitch metal propeller VISh-52. Bisnovat SK-1 mengambil konfigurasi desain sayap NACA-23014,5 yang tipis dan dirakit dalam satu piece utuh, mudah dipasang dan dilepas ke fuselage pesawat tanpa menggunakan baut atau perangkat khusus apapun. selain untuk menguji desain sayap, SK-1 juga dipasangi sistem radiator pendingin yang baru, untuk diujicoba. selama 1939, ujicoba Bisnovat SK-1 dilakukan menggunakan Landing Gear Roda dan Ski untuk area salju.

Bisnovat SK-2 sendiri adalah versi Fighter dari Bisnovat SK-1 yang didesain dan dikonstruksi menggunakan data-data dan parameter yang berhasil didapat dari ujicoba Bisnovat SK-1 selama tahun 1939. Intake radiator dipindahkan ke bagian bawah hidung dekat kanopi, intake mesin dipasang di pangkal sayap, ditambah pemasangan 3 senapan mesin, masing-masing 2 senapan mesin ShKAS kaliber 7.62mm dan 1 senapan mesin ShVAK 12.7mm di bagian hidung pesawat, yag tersinkron dengan baling-baling (synchronized). konstruksi pesawat secara keseluruhkan terbuat dari metal, menggunakan Duralumin yang terkenal ringan tetapi kuat. dengan satu unit mesin V-12 Klimov M-105 bertenaga 1050 hp, dan variable-pitch metal propeller VISh-52, Bisnovat SK-2 dengan full ammo dan normal fuel load, mampu mencapai kecepatan 660 km/jam di ketinggian 4900 meter dan 645 km/h di ketinggian 2700 meter. SK-2 mampu mencapai ketinggian 5000 meter dalam waktu 4 menit 20 detik, dan ketinggian maksimal yang mampu dicapai SK-2 adalah 10.300 meter. SK-2 hanya membutuhkan jarak 350 meter untuk take-off, dan berat totalnya (combat load) hanya mencapai 2300 kg. dengan desain sayapnya yang kecil dan tipis, SK-2 memiliki wing loading yang besar, mencapai 240 kg/m2. dimana SK-2 mampu mengebut kencang dengan mudah, namun memiliki performa manuver tidak sebaik fighter kontemporer seperti LaGG-3 dan Yak-1.

sejauh ini tidak ada laporan yang menyebutkan Bisnovat SK-2 ikut diterjunkan dalam pertempuran selama perang dunia II.

sumber : airwar.ru

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s