Borovkov-Florov, Pesawat Biplane Super Uni Soviet

pada tahun 1940an, Biplane mulai digerus dengan maraknya model-model monoplane yang jauh lebih cepat daripada biplane yang lebih mengandalkan kepada kemampuan manuvernya. seperti yang dialami oleh Polikarpov I-15 biplane di Spanyol dan Khalkhin Gol yang kalah oleh monoplane seperti Messerschmitt Bf-109, membuat banyak petinggi angkatan udara berpikir bahwa era biplane sudah tamat. desainer pesawat soviet Alexei Andreeyevich Borovkov & Ilya Florenteyevich Florov dari pabrik pesawat Gorky GAZ-21 punya pikiran yang berbeda, mereka mencoba meramu pesawat biplane yang memiliki kecepatan setara monoplane, manuver seperti biplane, memakai mesin paling powerful yang tersedia dan membuatnya sekecil mungkin. mengerjakan desain berbasis pengalaman mereka memproduksi Polikarpov I-16, Borokov-Florov akhirnya berhasil meramu prototype yang hasilnya adalah Aircraft 7211, pesawat biplane yang berlayout bersih dan licin, berukuran imut dan ditenagai dengan mesin radial paling powerful yang tersedia pada tahun 1936, Shvetsov ASh-85 ( 850 hp ). Prototype pertama Aircraft 7211 / I-207 terbang tanggal 1 juni 1937 namun gagal karena crash saat take-off.

kemudian prototype kedua dan juga menjadi varian pre-produksi I-207 ditenagai oleh Shvetsov ASh-62 ( 900 hp ), terbang pada 1 April 1939 dan menjadi basis improvement buat prototype ketiga I-207. ditenagai dengan Shvetsov ASh-63 ( 1000 hp ), prototype ketiga I-207 menunjukkan performa terbang yang luar biasa untuk kategori biplane, prototype ini pula lah yang dipasangi dengan mesin Ramjet Merkulov DM yang menambah kecepatan pesawat hingga 50 km/h. dengan kecepatan mencapai 461 km/h di altitude 5000 meter, dengan rate of climb 18m/s. prototype keempat I-207M-63 menggunakan retractable landing gear dengan prinsip teleskopik dan rotasional untuk melipat gear dan menyembunyikannya sepenuhnya di dalam fuselage.

varian I-207 dengan retractable landing gear ini mencapai kecepatan 493 km/h, tergolong spektakuler untuk ukuran performa biplane kontemprorer tahun 1939-1940. namun apa daya, Soviet High Command udah keburu males dengan biplane dan menolak untuk memasukkan Borokov-Florov I-207 untuk diproduksi massal, dan Operasi Barbarossa pada 22 Juni 1941 menghentikan total program I-207.

Florov I-207

pada tahun 1940, Alexei Andreeyevich Borovkov & Ilya Florenteyevich Florov pun sudah menyadari jika biplane sebentar lagi akan digantikan oleh monoplane. sehingga keduanya menelurkan ide gila, yaitu Biplane yang lebih cepat dan lincah daripada monoplane kontemporer pada saat itu.

Borokov dan Florov menelurkan Desain “Aircraft no.10”, yaitu biplane berbasis I-207 yang sayap atasnya bertipe “gull wing” dan sayap bawahnya bertipe “inverted gull wing”, dengan meminimalisir penggunaan baut untuk menambah aerodinamis pesawat. ditenagai oleh mesin radial Shvetsov ASh-71 ( 2000 hp! ) dan mesin Ramjet Merkulov DM di ekor. ketika mesin Ramjet tidak aktif, air intake ke mesin akan ditutup oleh penutup di fuselage yang diaktifkan via kokpit. mengklaim kecepatan yang mampu dicapai bisa 850 km/h dengan mesin Ramjet menyala.

untuk Desain “Aircraft No.11” sendiri tidak jauh berbeda dengan “Aircraft No.10” hanya dengan penambahan mesin Ramjet menjadi dua unit dan konfigurasi landing gear menjadi Taildragger, dengan skid dipasang diantara dudukan kedua mesin Ramjet.

Spesifikasi

i207-4

Borovkov-Florov I-207

Crew: 1
Length: 6.35 m (20 ft 10 in)
Wingspan: 7 m (22 ft 11-3/4 in)
Wing area: 18 m2 (194 ft2)
Empty weight: 1598 kg (3,523 lb)
Gross weight: 1,950 kg (4,299 lb)
Powerplant: 1 × Shvetsov M-62, 671 kW (900 hp)

Maximum speed: 436 km/h (271 mph)
Range: 700 km (435 miles)
Service ceiling: 9,150 m (30,020 ft)
Rate of climb: 13.44 m/s (2,,646 ft/min)
Armament :

4 x 7.62 mm ShKAS machine-guns in the forward fuselage.

BoF_No10

Borovkov-Florov “Aircraft No.10”

Design date: 1940
Role: high-speed maneuverable fighter, escort fighter, dive bomber
Engine: 1x Shvetsov M-71 (2000 hp); 1x Merkulov DM ramjet
Crew: 1
Wing span: 9.5 m
Length: 8.35 m
Wing area: 24.0 m2
Takeoff weight: 3500 kg
Wing loading: 146 kg/m2
Maximum speed without ramjet: 650 km/h
with ramjet active: 750-840 km/h
Climbing to 8000 m (with ramjet active): 8.0 min
Flight range: 800 km
Turn time: 14-16 seconds
Weapon: 1x 12.7 mm Berezin BS, 2x 7.62 mm ShKAS. bisa diganti dengan mudah ke 2 x 23 mm Taubin MP-6 autocannons.

BoF_No11

Borovkov-Florov “Aircraft No.11”

Design date: autumn 1940
Role: Air Superiority Fighter
Engine: 1x Shvetsov M-71 (2000 hp); 2x Merkulov DM ramjets
Crew: 1
Wing span: 8.5 m
Length: 7.85 m
Wing area: 22.0 m2
Takeoff weight: 3250 kg
Wing loading: 148 kg/m2
Maximum speed with ramjet active: 850-900km/h
Climbing to 8000 m (with ramjet active): 6-7 minutes
Flight range: 800 km

sayangnya, dengan desain biplane yang menghasilkan performa yang bisa dibilang luar biasa spektakuler, Soviet High Command sudah keburu tidak tertarik dan males untuk mengembangkan biplane fighter lainnya. Alexander Yakovlev memberitahu Borovkov dan Florov bahwa Biplane itu masa lalu, sekarang masanya Monoplane. dan Soviet High Command udah males buat mensupport segala bentuk biplane mulai tahun 1940.

Died before Birth

Sumber : Mikhail Maslov “Borovkov and Florov fighters”. – Aviatsiya (Aviation) magazine Vol.2 (2/99), p.15-16.

Galeri :

dari atas ke bawah : Aircraft No.10 Aircraft No.11 Project-D unknown 1947 Fighter
dari atas ke bawah :
Aircraft No.10
Aircraft No.11
Project-D
Aircraft 4302
I-207 Landing Gear Mechanism
I-207 Landing Gear Mechanism
I-207 Gunsight
I-207 Gunsight
Merkulov DM-4 Ramjet
Merkulov DM-4 Ramjet
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s