Nakajima Ki-84 Hayate, Pahlawan Kesiangan Jepang

Ki841945

Ki-84 Hayate adalah Pesawat tempur yang dioperasikan oleh Imperial Japanese Army Air Service pada stage akhir perang dunia kedua, dengan Proyek pengadaan Ki-84 dimulai pada tahun 1942, ketika Nakajima Ki-43 sedang gencar-gencarnya diproduksi. Ki-84 sendiri adalah jawaban dari keluhan para pilot jepang yang mengeluhkan beberapa kekurangan pada pesawat tempur andalan mereka sebelumnya, Nakajima Ki-43 Hayabusa. Yaitu pada Persenjataan yang terlalu ringan, tidak adanya Armor Pelindung bagi Pilot, tidak adanya Self-Sealing Fuel Tank, hingga Kecepatan yang kurang. Nakajima Ki-84 pertama kali terbang pada pertengahan 1943, dan langsung dikirim ke unit-unit garis depan pertempuran.

Ki-84 Hayate digerakkan oleh 1 unit mesin Nakajima Ha-45-21 Homare 18-cylinder radial engine, 1,485 kW (1,990 hp), yang mampu melesatkan Ki-84 pada kecepatan 624 km/jam. Persenjataan Ki-84 mencakup 2 senapan mesin Ho-103 kaliber 12.7mm diatas Engine Cowling dan 2 kanon Ho-5 kaliber 20mm di sayap. Varian kedua (Ki-84-Ib) dipersenjatai 4 kanon Ho-5 kaliber 20mm, 2 di sayap, 2 di Fuselage. untuk varian Interceptor (Ki-84-Ic) Senapan mesin Ho-103 dicabut dan digantikan oleh 2 kanon Ho-155 kaliber 30mm di sayap, menemani kanon Ho-5 kaliber 20mm

Permasalahan yang diderita Hayate, paling krusial adalah mesin. Hayate menggunakan versi Direct-Injection dari mesin Ha-45 Homare, dengan menggunakan Water injection untuk membantu Supercharger dalam melesatkan Ki-84 ke kecepatan maksimumnya. akibat situasi perang, supply dan perawatan suku cadang mesin Ki-84 semakin susah karena butuh perawatan yang telaten. selain itu kualitas metal yang diproduksi jepang di akhir perang semakin buruk karena efek pemboman sekutu, yang menyebabkan landing gear Ki-84 sering jebol ketika mendarat, disamping dengan minimnya pilot-pilot terlatih untuk mempiloti fighter ini.

walaupun begitu, pilot sekutu mengakui bahwa Ki-84 ini adalah lawan tanding yang tangguh dalam dogfight dengan P-51D Mustang, F4U Corsair, F6F Hellcat dan P-47 Thunderbolt di tangan pilot yang terlatih, dan Track Record Ki-84 paling tersohor adalah pada tanggal 15 April 1945 ketika 11 Ki-84 menyerang pangkalan udara sekutu di Okinawa dan menimbulkan kerusakan besar di darat. salah satu bukti potensi Ki-84 di udara apabila mendapat perlakuan yang sesuai, ditunjukkan oleh sekutu setelah perang, sekutu yang ketika mengujicoba Ki-84 rampasan untuk diterbangkan, sekutu menggunakan Bahan Bakar Berkualitas tinggi Amerika, Octane 92 Avgas, Water-Methanol Injection Boost pada Ki-84, membuktikan Ki-84 mampu terbang hingga nyaris mencapai kecepatan 700 km/jam, diatas Mustang dan Thunderbolt pada ketinggian 6000 meter keatas. Dengan persenjataan berat (2 kanon 20mm dan 2 kanon 30mm pada Ki-84-Ic) Ki-84 dapat menjatuhkan pesawat pembom berat menjadi awan besi rongsokan dalam waktu singkat. dan dengan material yang berkualitas dan kuat, Ki-84 dapat diajak mengebut hingga kecepatan nyaris mencapai 700 km/jam, lebih dari cukup untuk kabur dari sergapan pesawat-pesawat tempur kontemporer Sekutu, plus memiliki daya tahan yang bagus. Terlalu sedikit, Terlalu terlambat muncul, dan terlalu ribet untuk memeliharanya, Nakajima Ki-84 menjadi “Pahlawan Kesiangan” Jepang karena baik dengan performanya yang sangat bagus, tapi banyak kendala-kendala yang menghantui, sekaligus muncul terlalu sedikit dan terlalu terlambat untuk mengubah jalannya peperangan. Bersama Kawasaki Ki-100 Gunsherikan dan Kawanishi N1K2-J, Nakajima Ki-84 adalah salah satu dari Trio pesawat tempur jepang yang mampu meladeni pesawat-pesawat tempur terbaik milik sekutu, dan bahkan mengunggulinya.

The Captured Nakajima Ki-84 models fitted with engines exceeding 1,800 horsepower could surpass the top speeds of the P-47D Thunderbolt and the P-51D Mustang at 6,000 m. (wikipedia)
The Captured Nakajima Ki-84 models fitted with engines exceeding 1,800 horsepower could surpass the top speeds of the P-47D Thunderbolt and the P-51D Mustang at 6,000 m. (wikipedia)
Rongsokan pesawat tempur Nakajima Ki-84 Hayate di Lanud Mangar, Kalimantan, 1945
Rongsokan pesawat tempur Nakajima Ki-84 Hayate di Lanud Mangar, Kalimantan, 1945
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s